Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA SCANNING OTOMATIS PADA DSR VENUS CROMUS MPEG4

VENUS Cromus MPEG4 merupakan versi Digital Satellite Receiver (DSR) yang dapat menampilkan format gambar DVBS-2.


Menggunakan tool navigasinya pun sangat mudah untuk digunakan. Selain itu, DSR ini dapat menampung siaran tv dan radio dalam jumlah yang banyak.

Namun demikian, yang sering dialami pengguna DSR ini adalah tentang cara melakukan scanning otomatis untuk menginstal saluran tv atau radio dengan transponder yang baru.

Oleh karena itu, Niassat Service akan membagikan tips scanning otomatis pada DSR ini.

Sebelum memulai penginstalan siaran tv/radio, pastikan bahwa beberapa siaran pada satelit target memiliki satus signal terkunci.


Cara ini hanya berguna untuk mencari siaran tv atau radio yang mengalami pembaharuan (update) dari stasiunnya. Untuk melakukan scanning otomatis, silakan gunakan remote controller DSR tersebut dan pastikan semua tombolnya dalam keadaan bagus.

Gunakan remote controller joker (alternatif) jika remote DSR-nya rusak. Berikut cara melakukan scanning otomatis pada DSR Venus Cromus MPEG4.


Tekan tombol "MENU" pada remote controller DSR-nya, silakan masuk ke bagian instalasi, dan kemudian pilih "pencarian tunggal" saja untuk mempermudah melakukan scanning.


Venus Cromus MPEG4
Pencarian Tunggal pada satelit target
Scanning Satelit Telkom
Scanning satelit Palapa D
Pencarian/scanning otomatis selesai, tekan "ok"
Dari beberapa gambar tampilan proses scaning terhadap satelit target, dapat disimpulkan bahwa pada setiap satelit yang dituju proses scanning otomatis wajib ditunggun hingga 100%.

Jika scanning telah berjalan sepenuhnya, namun masih terdapat beberapa siaran tv ataupun radio yang masih belum terinstal e dalam program saluran tv/radio, maka anda dapat menginstalnya secara manual.


Cara ini tidaklah sulit, anda hanya butuh membaca dan mengikuti panduan dari Niassat Service.
Untuk melakukan scanning secara manual terhadap beberapa siaran yang tidak terbaca pada proses scanning otomatis, maka anda dapat menginstalnya secara manual dengan menggunakan transponder siaran tv/radionya.

Cara melaksanakannya adalah dengan menekan tombol 'Menu" di romote controller DSR Venus Cromus MPEG4, kemudian masuk pada bagian menu "Instalasi" dan Pilih "Daftar TP".


Setelah anda masuk pada bagian Daftar TP (TP=Transponder), silakan tambahkan TP-nya pada satelitnya jika belum ada pada daftar yang sudah ada. Sebagai contoh, anda ingin mencari siaran MNC TV, RCTI.

Kedua siaran tersebut tidak terbaca pada proses scaning otomatis jika seandainya siaran tersebut dalam keadaan/ status teracak dari stasiunnya yang mungkin sedang menayangkan siaran yang tidak disiaran secara gratis untuk penonton lewat satelit tv yang diterima dengan menggunakan parabola.

Apalagi jika seandainya pada saat scanning otomatis, anda memilih mode pencarian yang FTA saja. 
Oleh karena itu, anda dapat memasukkan Transpondernya ke dalam "Daftar TP" satelit yang dituju.

Jika anda memilih untuk menggunakan siaran MNCTV dan RCTI (contohnya) yang bertipeMPEG2, maka anda boleh mengisi Transponder-nya pada satelit PALAPA D, yaitu Frekuensi: 4188, Polaritas: Vertikal (V), Simbol: 8800.


Lihat gambar berikut:

Daftar Transponder Siaran TV
Setelah pengisian (input) data transponder, silakan perhatikan apakah kualitas signal pada TP tersebut maksimal atau tidak? Jika tidak, maka panggil teknisi setempat untuk mereperasinya atau menyetel parabola anda.

Tetapi jika kualitas signalnya maksimal, silakan lakukan cara ini. Pada barisan transponder yang ingin anda scan secara manual, silakan mengarahkan garis kuning seperti pada gambar tepat pada TP-nya. Selanjutnya, silakan tekan tombol "BIRU" pada remote controller atau dengan menekan tombol "OK".

Kemudian, pilih mode FTA Only = TIDAK. Jika anda memilih "tidak", siaran acak akan terbaca pada scanning manual yang anda lakukan.

Scanning manual
Begitu juga halnya jika anda ingin mencari siaran tv yang lain yang tidak terbaca saat melakukan scanning otomatis.

Perlu diperhatikan bahwa untuk beberapa DSR merek lain yang berusia lama, terkadang siaran tv/radio tidak sepenuhnya terbaca ketika scanning otomatis dijalankan karena kemampuan perangkatnya melemah. Beda halnya dengan DSR yang dibahas pada halaman ini.

Beberapa siaran tv tidak muncul karena pengaturan mode pencarian yang digunakan, bukan karena DSR tidak bagus. 

Setelah anda melakukan scanning otomatis maupun manual pada DSR Venus Cromus tersebut, tentunya beberapa siaran akan memiliki kembaran dalam daftarnya.


Hal ini merupakan wajar dan bukan ketidakbagus DSR-nya. Perlu diketahui bahwa DSR yang berkelas di atas MPEG2 SD, maka siaran tv/ radio baik MPEG2 maupun MPEG4 akan ikut terbaca pada proses scanning.

Dengan demikian, anda tinggal memilih siaran mana yang ingin anda gunakan. Jika beberapa siaran double dalam daftar boleh anda hapus. Untuk menghapusnya, silakan tekan tombol menu pada remote controller DSR-nya, kemudian pilih menu Siaran tv, masuk ke bagian "Daftar Siaran TV", tekan "OK".

Di sana, anda akan melihat sejumlah daftar siaran tv yang telah terinstal dalam programnya. anda dapat menghapusnya dengan menekan tombol warna biru sebanyak 2 kali, lalu pilih siaran yang hendak dihapus dan tekan ok. Untuk keluar dari program penghapusan siaran tv, silakan tombol "EXIT".

Demikian pula halnya jika anda ingin menyusun daftar siaran TV yang telah terinstal. Silakan menekan tombol "menu" pada remote controller DSR, kemudian pilih Daftar Siaran TV dan tekan "OK". Setelah anda masuk ke bagian daftar siarannya, maka gunakan remote controller dan tekan tombol warna kuning satu kali.


Kemudian pilih siaran mana yang ingin dipindahkan ke urutan yang anda inginkan, kemudian untuk menempatkannya setelah dipindahkan dari nomor urut asalnya, silakan tekan "OK" lagi.


Jika seandainya jumlah siaran televisi yang ada pada DSR anda begitu banyak dan sulit bagi anda untuk melakukan perpindahan siaran satu persatu, maka cara cepatnya, setelah memilih siaran tv yang ingin dipindahkan, langsung gunakan/tekan tombol "ANGKA" untuk nomor siaran tv yang ingin anda pindahkan. Kemudian, tekan "EXIT" untuk keluar dari program tersebut.


Hapus Siaran TV

Pindah/ Susun Siaran TV

Demikian saja tips untuk Scanning otomatis pada DSR Venus Cromus MPEG4 semoga dapat membantu para rekan-rekan yang membutuhkan. Jika anda tidak mampu melaksanakan tips di atas, silakan gunakan jasa teknisi setempat di daerah anda. Selain itu, jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke teman anda. Terima kasih, salam dari kami, Ya'ahowu.


Niassat Service,
Gunungsitoli.


Post a Comment for "CARA SCANNING OTOMATIS PADA DSR VENUS CROMUS MPEG4"