Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA BLOCKING 5 SATELLITES SEKALIGUS DENGAN 1 PARABOLA

Cara memblok 5 satelit sekaligus dengan menggunakan 1 parabola, merupakan hal yang tak asing lagi bagi kaum yang kerap dekat dengan dunia tracking satellites, tetapi sangat asing bagi yang masih pemula.




Berikut gambar hasil tracking 5 satelit yaitu: Chinasat 6A, Palapa D, Telkom1, Asiasat 3s dan Asiasat 5 dengan menggunakan parabola mesh dish berukuran 10 feet, lokasi pemasangan di Miga  Gunungsitoli, Nias.
Dari hasil tracking/ blocking 5 satelit dilakukan dengan menggunakan peralatan tempur Digital receiver Goldsat GSR-3350, Mpeg2, SD, LNB bekas yang masih aktif, dimana pengaturan pemakaian diSeqC di receiver untuk setiap satelit yaitu:
  1. Satellite Chinasat 6A = LNB1 + 22k 'OFF'
  2. Satellite Palapa D = LNB1 + 22k'ON'
  3. Telkom 1 = LNB2
  4. Asiasat 3s = LNB3
  5. Asiasat 5 = LNB4
Tata Letak LNB di tiang Fokus(pada gambar di atas):
  1. LNB Chinasat 6A berada di bagian barat dari LNB Palapa D
  2. LNB Palapa D berada di bagian Timur dari LNB Chinasat 6A
  3. LNB Telkom 1 berada di bagian Timur LNB Palapa D
  4. LNB Asiasat 3 berada di bagian Timur Telkom 1
  5. Asiasat 5 berada di bagian Timur LNB Asiasat 3s.


Tips Blocking satelit:
Arahkan dish ke satelit Palapa D, dengan ketentuan telah melakukan langkah-langkah di atas sebelumnya, dan setelah salah satu siaran dari Palapa D yang memiliki Jangkauan SQ tertinggi meraih kualitas yang maksimal, silakan Cek, SQ (Signal Quality) siaran di Telkom 1, Asiasat 3s dan Asiasat 5.

Bila sudah lock dengan baik, meluncurlah ke Siaran di satelit Chinasat 6A. Periksa apakah Frekuensi siaran tertinggi di satelit Chinasat 6A mendapat nilai SQ atau belum (jikalau Jarak Lnb tidak tepat atau kendala lain terjadi). Bila lock berarti pekerjaan Anda berhasil, tetapi bila masih belum ada pertanda peningkatan SQ siarannya, artinya Anda perlu mengobati keluhannya dengan cara melakukan penyetelan.

Silakan Sorong sedikit ke arah barat dishnya dan lihat status perubahan sinyal untuk siaran Chinasat 6a di layar monitor anda. Bila terjadi peningkatan, artinya LNBnya perlu digeser sedikit ke arah Timur, dekat dengan LNB Palapa D atau dengan kata lain, LNB Chinasat 6A dirapat sedikit ke LNB punya Palapa D. Namun bila sebaliknya, apabila SQ naik bila dish ditarik ke arah timur, artinya LNB Chinasat 6A perlu direnggangkan sedikit lagi dari LNB punya Palapa atau digeser kedudukan LNB ke arah barat.


Niassat Service,
Gunungsitoli, Nias


Post a Comment for "CARA BLOCKING 5 SATELLITES SEKALIGUS DENGAN 1 PARABOLA"