Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA INSTALASI ATAU PASANG MULTI SWITCH 6 RECEIVERS UNTUK 2 LNBF DENGAN 1 PARABOLA

Memasang Multi Switch merupakan langkah meminimalisir penggunaan antenna parabola yang terlalu banyak dalam satu rumah, kantor, hotel, restaurant dan lain sebagainya. Cara atau langkah seperti ini juga sangat membantu dan meringankan beban perbaikan bagi para pengguna (users) ketika parabola mengalami gangguan atau membutuhkan perbaikan.


Coba bayangkan bila di satu rumah, anda menggunakan 6 Tv, 6 receivers dan 6 antenna parabola, bila kala melakukan perbaikan terhadap 6 unit antenna parabola, maka Rupiah anda pasti meluncur banyak. Dilihat dari segi penggunaan, menggunakan 6 unit antenna parabola membuat pengguna tersita lokasi hingga menjadi sempit. Dilihat dari segi kepuasasan users dalam  menggunakan 6 unit antenna parabola sekaligus dengan tujuan agar setiap siaran di satu televisi dapat terbuka bebas tanpa dibatasi oleh polaritas, maka bila melakukan perbaikan akan membutuhkan biaya yang cukup mahal.


Namun, dengan kemajuan IPTEK zaman sekarang ini, pengguna antenna parabola yang ingin memasang multi (banyak) televisi dengan siaran tak berbatas polaritas, maka diproduksilah Multi Switch ini yang sangat membantu pengguna dalam segi biaya, ketahanan dan keamanan serta kepuasan tersendiri.


Seperti terlihat pada gambar di bawah ini yang merupakan Multi Switch dari Tanaka:





LNBF yang dapat digunakan untuk Multi Switch seperti pada gambar di atas adalah lnbf jenis Dual Polaritas atau lnbf yang langsung membagi dua output polaritas pada lnbf-nya.


Nah, utk memasang multi switch ini, yang dapat digunakan untuk 6 unit receivers dan 6 unit televisi dengan siaran tidak berbatas polaritas, anda cukup menggunakan 1 unit antenna parabola saja.

Sebagai contoh, anda ingin memasang multi switch ini dengan pointing dish ke dua fokus satellites:





Ketika pemasangan/instalasi ini sudah siap dilakukan, maka silakan lihat hasil kerja anda.

Untuk setting program setiap receiver, anda tak perlu membagi penggunaan polaritas dari setiap satelit. Silakan lakukan layaknya menggunakan 6 unit receivers dengan 6 unit antenna parabola.
Hal ini tidak membatasi pengguna untuk membuka siaran dari polaritas mana saja.

Sekian.


2 comments for "CARA INSTALASI ATAU PASANG MULTI SWITCH 6 RECEIVERS UNTUK 2 LNBF DENGAN 1 PARABOLA"

  1. Misalkan
    lnb 1 palapa,
    Lnb 2 telkom,
    Lalu kita pasangkan multiswitch,
    Apakah nanti nya untuk setiap rx user tersebut bisa kita gunakan setingan lnb 1 22k off
    Dan lnb 2 22k on pada setiap rx, dan apakah bisa mendapatkan semua saluran yg ad di telkom dan palapa tsb?
    Mohn pencerahan nya.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Pak Irwan. MultiSwitch 4x6 di atas menggunakan sistem 22k dan setiap rx atau Digital Satelit Receiver akan menerima semua sinyal yang sama dari satelit target, contohnya Palapa D dan Telkom 4. Terima kasih telah berkunjung.

      Delete