Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MELACAK SUATU SATELIT DENGAN PARABOLA

Melacak satelit atau biasa disebut Tracking Satelite merupakan hal yang sering dan wajib dilakukan oleh Tehnisi atau tukang pasang parabola di lapangan. Hal ini memang terkadang dianggap gampang, bahkan terlalu gampang namun sering membuat otak pusing.


Ini cuma nge-share sedikit pengalaman kepada sobat-sobit yang kepingin mengenal dunia tracking satellites. sesungguhnya pun, kata-kata istilah yang Niassat gunakan itu cuma hasil dari penjelajahan dunia maya saja. Jangan terlalu fokus ke bahasanya, pemahamannya saja yang penting. Ok?


Nah, ketika pemasangan parabola selesai, saatnya melakukan pelacakan siaran dari suatu satelit. Apa hal yang wajib diketahui? nah ini dia yang perlu. Ada tiga sudut utama untuk mengatur posisi pelacakan satelit menggunakan parabola yaitu, sudut deklinasi, sudut elevasi dan Azimuth.


Sudut Deklinasi Parabola adalah Sudut yang mengatur keseimbagan / kemiringan posisi antena parabola bagian Selatan dan Utara.

 Lihat gambar:




Kemudian yang dimaksud dengan Sudut Elevasi adalah sudut yang mengatur ketepatan lintasan parabola yang bergerak dari arah barat ke timur atau sebaliknya yang sejajar dengan lintangan garis khatulistiwa.

Lihat Gambar:


Sedangkan yang dimaksud dengan Sudut Azimut adalah Sudut yang mengatur keseimbangan rotasi mounting pada tiang parabola.

Untuk mengetahuinya, silakan simak gambar di bawah:



Nah, semua itu pasti Anda temui dalam pelacakan satelit. Bila telah menguasainya, maka ketika melakukan pelacakan siaran dari suatu satelit, Anda tidak akan merasa sulit. itulah trik yang dapat membuat pelacakan satelit anda bernilai maksimal dengan kualitas signal yang maksimal pula.

Niassat Service,
Gunungsitoli, Pulau Nias.


Post a Comment for "CARA MELACAK SUATU SATELIT DENGAN PARABOLA"