Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMASANG 4 LNB 1 RECEIVER DENGAN DIAMETER PARABOLA 8 FEET

Memasang 4 LNB di dish parabola berukuran 8 feet merupakan hal yang tidak begitu sulit, apabila telah mengenal cara memasangnya.

Banyak hal yang penting untuk diperhatikan demi mendapatkan penguncian sinyal yang maksimal nantinya dalam pelacakan satelit. JIka pembaca bertanya-tanya mengapa LNBF harus 4 dan bagaimana cara kerjanya?

Pertama-tama, kita harus mengenal lebih baik tentang apa yang dimaksudkan dengan LNBF ini. LNBF ini adalah alat penerima sinyal satelit khusus untuk siaran tv dan radio melalui jaringan frekuensi di udara. LNBF juga memiliki antena vertikal dan horizontal yang berfungsi untuk menerima sinyal vertikal maupun horizontal.

Apabila suatu parabola tidak meggunakan LNBF maka parabola tersebut tidak akan dapat digunakan sebagai alat untuk mendapatkan sinyal satelit. Ada beberapa jenis LNBF yang sering digunakan di Indonesia yaitu: C-Band, KU-Band dan S-band dimana setiap dari mereka nilai frekuensi yang berbeda-beda.

Dengan menggunakan 4 LNBF pada antena parabola berarti penerimaan sinyal menggunkan parabola akan sekaligus membuka atau mengunci 4satelit yang dituju.

Tentunya, LNBF yang 4 unit di atas antena parabola mesh dish, pemasangannya berbeda dengan yang 2 lnb saja dan tinggal kesukarannya pun berbeda terlebih jika piringan jaringnya kurang sesuai dengan yang standard pabik.

Hal demikian dapat membuat pekerjaan para instalatur merasa lebih sulit untuk mengerjakannya. Selainjutnya, Silakan pahami caranya sesuai petunjuk pada gambar berikut ini:

Langkah pertama adalah memasang LNB pada bracketnya:

Langkah selanjutnya adalah menentukan spasi yang pas antar LNBF di bracketnya:


Langkah selanjutnya adalah menentukan Jalur diSeqC di LNB:




Langkah selanjutnya adalah memasangkan bracket yg terpasang LNB ke tiang fokus antenna parabola, dan program receiver anda sesuai dengan diSeqC yang anda gunakan tadi. Satelit yang bisa di Track dalam posisi ini adalah: Palapa D - Telkom1 - Asiasat 3 - Asiasat 5. 






Dengan demikian, silakan melakukan pelacakan satelit - satelit yang terdaftar di atas dan susunan LNB untuk setiap satelit disesuaikan seperti pada gambar.

Semoga ini langkah yang memperudah anda untuk berbuat suka-suka di lapangan.

Perhatian: Untuk jarak sesungguhnya untuk yang 8 feet adalah Palapa D ke Telkom 1 adalah 3 s/d 3,5 cm dan Telkom ke Asiasat 3 adalah dempet; Asiasat 3 ke asiasat2/5 adalah 3 s/d 3,5 cm.
Bracket yang digunakan pada gambar di atas adalah bracket untuk yang 9 s/d 12 feet. 

Niassat Service,
Gunungsitoli, Nias


Post a Comment for "CARA MEMASANG 4 LNB 1 RECEIVER DENGAN DIAMETER PARABOLA 8 FEET"