Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMASANG HIDROLIK OTOMATIS

Hidrolik atau aktuator/ penggerak dish Parabola adalah salah satu perlengkapan Satellites Tracking yang memudahkan pengguna (user) melacak lebih dari satu satellite dengan menggunakan 1 unit dish parabola saja.  Hidrolik menggerakkan dish yang dibantu dengan ilmu sensornya untuk menetapkan jangkauan pergerakan dish sesuai dengan arah satelit. Ini menarik, bukan? tapi tak asing lagi tentunya!!


Hidrolik dapat bergerak dengan bantuan sensor dari Posisioner untuk menentukan pergerakannya.
Nah, untuk membuat otomatisparbola yang secara otomatis mengunci sinyal siaran dari suatu satelit sesuai dengan data rekaman yang dihasilkan oleh sensornya dan tersimpan di memori posisionernya dimana pengguna hanya perlu mengaktifkan siaran yang diinginkan dan dish akan secara otomatis bergerak menghadap arah satelit dimana siaran itu berada)

berikut cara instalasinya:
Dari gambar di atas, pada bagian belakang Posisioner hidrolik terlihat bahwa di sana terdapat 2 kabel untuk sensor dan 2 kabel untuk motornya, silakan hubungkan kabel tersebut ke hidrolik/ aktuator dengan cara membuka tutup bagian bawah hidrolik. Gunakan obeng minus kecil untuk memasang kabelnya di badan hidrolik. 
Selanjutnya, pada bagian belakang Posisioner, terdapat ujung female connector (penghubung betina) untuk LNB dan Receiver. Kabel dari LNB (dari parabola) colokkan ke Jalur LNB di bagian belakang Posisioner, dan untuk ujung Female Connector yang berada disamping Jalur LNB di posisioner, gunakan kabel jumper coaxial menuju ke input receiver Anda.

Setelah langkah ini selesai, maka anda masuk ketahap pemrograman:
[Hasil gambar dibawah ini, saya menggunakan receiver Venus Innova HD]

Langkah pertama, Gunakan remote Control receiver, kemudian tekan tombol menu dan masuk ke Instalasi.
Pilih Koneksi Antenna lalu tekan Ok. Seperti terlihat berikut ini:
Untuk koneksi antenna, ganti Antenna Fixed menjadi Antenna Motor.

selanjutnya, tekan tombol back atau exit satu kali dan pilih Pengaturan Antenna [masih dalam menu instalasi] dan akan menampilkan menu berikut dan atur frekuensi LNB setiap satelit:

Gunakan Jenis Motor diseqc 1,2 dan masuk ke Pengaturan Motor :

Silakan atur posisinya sesuai dengan satelit yang dituju:
untuk menentukannya, silakan geser kiri atau kanan dan letakkan pointer di SIMPAN. Bila sinyal terkunci berarti posisi sudah tepat.
sebelum menyimpang atur nomor posisinya di receiver untuk di rekam.
Gunakan tombol vol+ untuk mengganti posisi 0 [null] menjadi posisi 1 dan seterusnya untuk di rekam di memori Posisioner hidrolik. Kemudian, arahkan kembali pointernya di Simpan dan tekan OK. Posisioner akan berkedip dan menunjukkan P01 dan seterusnya. lakukan untuk semua satelit yang ingin dilacak. 
Untuk mengaktifkan BATAS/LIMIT pergerakan dish untuk satelit paling timur dan barat, ini sangat perlu agak Parabola tidak tumbang dan tidak cepat rusak. 
Masuk ke Pengaturan Batas dan tekan tombol Ok.

Setelah ditekan tombol OK, maka akan muncul perintah baru. Sebelumnya aktifkan channel siaran di satelit yang paling timur bila membatasi batas Timur dan Siaran dari satelit paling barat untuk batas barat:


Tekan exit untuk keluar.
Silakan aktifkan saluran TV dan pilih salah satu channel dari satelit yang sudakh dilacak/ diaktifkan dan dish akan bergerak otomatis untuk menge-lock sinyal tersebut sesuai perintah yang direkam memori Posisioner hidrolik.



Slain itu, masalah yang sering dihadapai adalah PERGERAKAN AKTUATOR ATAU HIDROLIK TIDAK PAS PADA POSISINYA SETELAH DI STORE
Hidrolik atau aktuator sistem digital sekarang ini banyak yang menggunakannya dan memasangnya ke mounting parabola. Namun terkadang hal yang sering terjadi adalah ketidak-tepatan posisi pergerakannya ketika pindah posisi dari P01-seterusnya (setelah di store atau disimpan data posisinya melalui monitor sensor). Sensor di hidrolik parabola merupakan alat pengantar pesan ke monitor dengan sistem digital dari suatu hasil kerja/pergerakan atau yang dikirim oleh motor sensornya.
Sekarang, apa solusinya?
Nah, caranya sebenarnya gampang, tapi kebanyakan tukang pasang parabola atau tekhnisi yang sering khilaf karna lupa, ada juga yang karna mengabaikan. itu hanya contohnya saja gan....
Silakan lihat hidrolik atau aktuator di gambar.....lihat bracketnya yang menempel dengan mounting parabola. Jawaban dari masalah ini adalah terletak di bracketnya. Tidak susah, bukan?
Silakan minyaki bila berkarat atau kotor karena itu bisa membuat pergerakannya di as bracket-nya terganggu atau macet, makanya pergerakannya tidak tepat. 
Tapi apa kata sensor di monitor?
yah, katanya sih sudah pas...tapi sebenarnya tidak karena sensor ga bisa melihat, kecuali usernya......
"sensor kadang menipu lho....." maksudnya....perhitungan angka pergerakan yang tercatat disensor tepat, tapi hitungan arah pergerakan hidrolik salah...itu tipuannya.

Semoga bermanfaat, jangan lupa nitip pesan, kritik, saran, pertanyaan yang membangun kami hargai. 

salam...

Niassat Service,
Gunungsitoli, Nias

Post a Comment for "CARA MEMASANG HIDROLIK OTOMATIS"