Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMASANG MULTI LNB PADA PARABOLA

Di Dunia ini begitu banyak teori yang perlu dipelajari terutama bagi kaum SATELLITES TRACKERS!
Setidaknya adalah memahami cara memasang multi LNB pada parabola. Ini memang gampang bagi yang sudah memahaminya, tetapi sedikit membutuhkan pedoman bagi para sahabat pemula (Niassat Juga Pemula!)
Satu alasan yang membuat setiap halaman post yang berisi cara pemasangan lebih dari 4 lnbf pada satu dish antenna parabola dipenuhi oleh ribuan tanya/komentar oleh pembaca. Itu karena sesungguhnya sangat menarik perhatian dan masih membandingkan dengan apa yang sudah ia dapatkan sebelumnya. tetapi kadang kala kita pemula tidak bertanya, di posisi manakah lnb itu berada dan yang tepat pada sasaran satelit apa pada dish antenna parabola. Nah, dengan ini Niassat service ingin berbagi bagi para sahabat Niassat yang kocak dan setia kepada Niassat. (Uppstt..lebaiii)

Ini adalah teori Niassat Service dan jangan membandingan teori ini dengan yang lain karena teori mereka sudah lebih lengkap daripada kita-kita yang masih pemula, tetapi setidaknya kebersamaan ini lebih penting daripada teori mereka yang sangat mahal harganya dan takkan pernah bisa kita nikmati bersama.

Langkah pertama adalah anda diharapkan menyimak gambar di bawah ini dengan sebaik-baiknya:



Seperti terlihat pada gambar di atas, bahwa dalam satu dish terdapat 2 LNBF. Ini untuk Fixed antenna Parabola (antenna yang berposisi diam ditempat; tidak berpindah dan tidak menggunakan motor atau hidrolik).
Multi LNBF

Pada Posisi LNB tersebut saya mengambil satu pedoman LNB untuk satelit Palapa D. LNB-2 diaktifkan sebagai encoder/pentransfer sinyal satelit Palapa D. Bila menambah satu lnb atau lebih di bagian barat LNB Palapa D, akan difungsikan untuk mentransfer sinyal satelit apa? (ini pasti pertanyaan kita, bukan?). begitu Juga sebaliknya bila menambah lnb di bagian timur lnb Palapa D, maka akan berfungsi untuk satelit apa saja??

Pertanyaan-pertanyaan diatas membangun motivasi Niassat Service untuk berbagi para rekan semua.

Langsung saja, silakan lihat lagi Gambar di atas:
1. LNB1 akan berfungsi mentransfer sinyal Chinasat 6B 115,5 oE.
2. LNB2 akan berfungsi mentransfer sinyal Palapa D 113 oE.
3. LNB3 akan berfungsi mentransfer sinyal Telkom1 108 oE.
4. LNB4 akan berfungsi mentransfer sinyal Asiasat3s 105,5 oE.
5. LNB5 akan berfungsi mentransfer sinyal Asiasat5- 100,5 oE.
6. LNB6 akan berfungsi mentransfer sinyal Insat3A 93,5 oE.

Dari pejelasan di atas, mungkin sudah tergambar dibenak kita/ para pemula susunan dan Fungsi LNB itu sendiri. Tetapi masih ada yang belum kita ketahui bersama, yaitu prinsip susunan lnb-nya.
Hal ini dapat kami berikan kunci jawaban untuk anda yaitu, Seperti pada gambar, kita mengambil patokan Satellite Palapa D. 
Nah, kuncinya adalah "Setiap Lnb yang ditambahkan di atas lnb Palapa D, maka lnb itu berfungsi sebagai pentransfer sinyal dari satelite yang berada lebih timur dibanding dengan Palapa D, sedangkan untuk lnb di bawahnya adalah untuk satelite yang berada lebih jauh dari Timur dibanding dengan posisi satelit Palapa D itu sendiri."

Bantuan tambahan:
Silakan lihat bulatan dish pada gambar, sebenarnya garis hitam di tengah lingkaran dish itu terletak tepat di tengah lingkaran, sedikit ada kesalahan tekhnis.

Contoh lain, apabila LNB 4 pada gambar di aktifkan sebagai encoder sinyal Palapa D, maka:
LNB5= Telkom1
LNB6= Asisat 3s
LNB3= Chinasat 6B
LNB2= Chinasat 6A
LNB1= Vinasat1

Susunan LNB juga sangat dipengaruhi oleh Jarak antar LNB. Halaman ini akan diperbaharui di kesempatan berikutnya untuk memberi kepuasan bagi rekan semua, tapi ingat Niassat bukan alat pemuas. hehe....
Semoga bermanfaat, bila ada yang salah silakan dikritik asal membangun topik ini dan jangan pernah segan membagi trik kepada Niassat karena Niassat sama seperti anda-anda yang masih pemula. OK??

Salam kompak gan...........................!

Niassat Service,
Gunungsitoli, Pulau Nias.

Post a Comment for "CARA MEMASANG MULTI LNB PADA PARABOLA"