Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMASANG PARABOLA MESH DISH 6 FEET DENGAN 2 LNBF C-BAND

Cara memasang parabola mesh dish 6 feet yang baru ataupun yang kian ada, adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kewaspadaan dalam pekerjaan apalagi kalau seandainya parabola akan dipermanenkan di atas atap rumah atau di tingkatan bagian rumah yang sangat tinggi, perlu extra hati-hati dalam melakukan pekerjaan untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang fatal. 
Seperti pada bagian halaman blog ini, kita akan membahas cara memasang parabola yang berukuran lebih kecil/ berukuran enam kaki (6 feet) merek Venus AL 6180 dan berbentuk jaring dimana pelepah, termasuk jaringnya (mesh), adalah bahan jadi yang dapat rusak, sobek, patah ataupun baling. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya kita pemula mengikuti petunjuk tata cara pemasangan yang baik dan benar.

Langkah I:
Persiapkan perlatan kunci, obeng, tang dan lainnya yang dianggap perlu untuk memudahkan pekerjaan di lapangan. Kemudian, ambillah mesh dish yang telah dipisahkan dalam 4 bagian dan dudukanlah mesh dishnya seperti terlihat pada gambar berikut, dan ambillah baut dish yang telah disediakan, kemudian rakit mesh dishnya dengan baik dan benar. Jangan memberikan tekanan yang kuat pada mesh dish di saat melakukan perakitan, untuk menghindari kerusakan mesh dish dimaksud.
Untuk merakit mesh dish yang 6 feet ( 6 kaki) ini, gunakanlah obeng plus dan kunci pas/ring yang 10 mm [ kunci nomor sepuluh yang sering dibahasakan], dan rakitlah dengan benar. Bila selesai, masuklah ke tahap berikutnya atau bila ada teman, ajaklah dia untuk memasang/ menempel tiang parabola/tiang penyangga mounting dish. Setelah selesai, masuk ke tahap yang berikutnya:

Langkah II:
Pasangkan ring mounting pada dish, seperti terlihat pada gambar berikut dan gunakan obeng plus dan kunci RING 10 mm untuk memasangkan baut.mur-nya. Lihat gambar berikut:








Langkah III:
Ambil mounting dan pasangkan ke ring mounting yang sudah terpasang, gunakan kunci ring dan pas yang 12 mm.
 Kunci dengan kencang bautnya lalu pasangkan juga tongkat (besi ulir) penyangga yang berfungsi untuk pengaturan ukuran sudut elevasi dish ke satelit. Seperti terlihat pada gambar berikut:

Langkah IV:
Rakit LNBF C-band yang hendak dipasangkan ke tiang fokus dengan ukuran jarak LNB 1,15 s/d 1,30 cm diukur dari samping bibir LNBFnya. Sejajarkan garis nol derajat LNB [Timur-Barat]. Gunakan kedalaman yang terdapat pada badan LNBF untuk yang 6 feet ini atau dengan kata lain, letakkan LNBFnya di bracket LNBF pada dudukan 34 (lihat LNBF C-band Anda!). Setelah siap dirakit ke bracketnya, pasangkan tiang penyangga fokus LNBFnya. Untuk jenis Venus AL 6180 ini menggunakan tripod fokus dan pastikan pemasangan LNB, garis titik nol sejajr dengan Besi ulir / tongkat pengatur sudut elevasi dish. 



Kemudian, Masuklah ke tahapan berikutnya di Langkah V:
Naikkan dish Anda dan kunci baut-baut yang membuat banyak pergerakan mounting di Tiangnya.
Gunakan Kunci pas/ring 10mm, 12 mm, 17 mm dan 19 mm. Kemudian, naikkan dish menghadap langit, Point dish toward the sky vertically, dan sejajarkan rata-rata ukuran sudut deklinasinya.
Pastikan lurus dan arah dish tidak miring sebelah.
Kunci baut 10 yang mengaetkan ukuran sudut deklinasinya. [Jangan Lupa!! Kunci dengan Kencang!!]
Kunci dengan tangan baut pengapit mounting (ada 4 baut berukuran 12mm untuk Venus AL 6180) ke tiang parabola Anda. jangan terlalu dikencangkan, pastikan pergerakan Azimuth (rotasi- searah/berlawanan jarum jam) masih bisa dilakukan dan untuk baut lainnya yang masih longgar, silakan dikencangi kecuali untuk baut tongkat ukuran derajat elevasinya ke arah satelit (Baut Pembatas di Besi Ulir/tongkat untuk sudut elevasi). Berikut cara mengunci baut yang benar sebelum pointing dish untuk tracking satellites:


Langkah VI adalah langkah untuk Memulai Pointing untuk melacak satelit, contoh untuk yang pakai 2 LNBF rata-rata ingin melacak siaran Standard yaitu siaran Indonesia yang terdapat di satelit Palapa D dan Telkom 1.
Sebelum Pointing dish, pastikan arah dish/ arah baut ulir/ tongkat pengatur sudut elevasi menghadap timur atau barat. Gunakan kompas untuk menentukan arah mata angin bila perlu, atau tanya ke Pemilik parabola arah terbit matahari bila bekerja dilapangan yang belum pernah anda kunjungi dan tidak memiliki tetangga yang punya parabola, seperti di perkampungan.

Nah, sekarang masuk ke pointing dish. Bila anda berada di daerah Sumatera Utara-Indonesia, Arah dish Palapa D 113o BT dan Telkom-1 108oBT,  untuk kedua satelit ini, masih condong ke arah Timur, bukan ke Barat, Beda halnya di daerah Irian Jaya sana dimana dish untuk kedua satelit ini condong ke Barat.
Lakukan juga pengaturan Antenna di receiver yang hendak digunakan untuk melakukan penyetelan parabola ini. Untuk Pengaturan LNB seperti LNB yang Niassat Gunakan di gambar ini adalah, LNBF Twin Inside Switch. Jadi, Silakan tekan tombol menu di remot kontrol receiver anda dan masuk ke Instalasi atau pengaturan Antenna. Pilih satelit Palapa dengan Frekuensi LNB 5150, daya LNB 14v/18v dengan 22k = off atau mati/ melumpuhkan. Sedangkan untuk Setingan pada Satelit Telkom1, Gunakan Frekuensi LNB 5150, daya LNB (untuk sementara) bisa 18 V saja. Tapi lebih baik gunakan yang 14v/18v siapa tahu ada Transporder baru dengan Polaritas berbeda dari biasanya, dan 22k = Hidup/on/ok. 
Pastikan Kabel coaxial dari LNBF terhubung ke receiver Anda!!
Untuk Tracking satelit Palapa D, Silakan Masukan Frekuensi 4184 Ver 6700 atau 4140 Vertikal 30000 atau 3786 Hor 5630 dan lakukan pelacakan sambil melihat perubahan nilai Kualitas signal yang ditampilkan di setiap pergerakan dish yang anda lakukan secara manual. 
Bila melakukan tracking satellite, ada baiknya kalau dilakukan dengan tidak terburu-buru alias pelan tapi pasti. Arahkan terus, sambil dirotasikan searah atau berlawanan jarum jam, naikkan dish...turunkan....sambil melihat perubahan kualitas signal yang ditampilkan/ signal yang didapatkan oleh frekuensi yang anda masukan untuk dilacak siarannya.




 Bila Signal maksimal dan semua siaran Palapa D, Silakan masukkan frekuensi Transponder untuk Telkom-1 = 4086 Hor 6000. Periksa ketika memasukan frekuensi apakah sudah langsung lock sinyalnya. kalau sudah maksimal, silakan tutup tracking anda. dan kunci semua baut yang masih longgar. kencangkan semua bautnya, sambil memperhatikan SSQ (Satus of Signal quality) karena 1 derajat bergerak, perubahan nilai kualitas signal juga terjadi. lakukan secara perlahan.
Sekian.....semoga bermanfaat....!




Niassat Service,
Gunungsitoli, Pulau Nias

Post a Comment for "CARA MEMASANG PARABOLA MESH DISH 6 FEET DENGAN 2 LNBF C-BAND"