Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMASANG PARABOLA MESH DISH VENUS AL 7210 YANG 7 FEET

Memasang parabola mesh dish (piringan jaring) merupakan keasyikan tersendiri bagi mereka yang berminat melakukannya. Dengan memasang parabola mesh dish, ketelitian dan ketepatan juga menentukan keterampilan pekerjaan meskipun banyak orang di luar sana yang menganggap hal ini hanyalah sebagai isengan, tetapi jika menekuninya anda akan memiliki pengetahuan berarti tentangnya. Dalam artikel ini, penulis akan membagikan tips dan trik yang efektif untuk memasang parabola mesh dish AL 7210 dengan TRIPOD FOCUS untuk LNBF . Fokus Tripod yang penulis maksudkan adalah penyangga berkaki tiga yang digunakan untuk tiang fokus LNBF  C-BAND pada parabola venus berdiameter 7 feet (kaki). Dengan demikian, langkah-langkah untuk pemasangannya adalah seperti uraian berikut:

1. Memasang Tiang Parabola
Untuk memasang tiang parabola ke tempat yang diinginkan oleh pemilik, perlu untuk diperhatikan apakah pada lokasi atau tempat yang disarankan oleh pemilik dapat menjadi tempat yang tepat untuk tempat parabolanya dengan hasil kualitas signal yang maksimal atau tidak. Berikan saran yang baik dan logis kepada pemilik jika tempatnya kurang sesui atau dapat terhalang dengan bangunan/ lainnya jika nantinya melakukan pelacakan sinyal terhadap satelit yang dituju. Jika sudah mendapatkan tempat pemsangan tiang yang tepat, silakan menyelesaikan pemasangannya dengan baik. Jika tiang parabola di pasang di atas tanah, perlu diperhatikan tinggi yang minimum agar tidak terganggu ketika seseorang melintasi tempat parabolanya di kemudian hari. Gunakan bantuan penyangga sementara jika pemilik belum sempat membeli semen untuk pengokohan tiang parabola di tanah. Jika pemasangannya di mesti ditempel di beton rumah, gunakan baut fischer untuk memberi ketahanan yang maksimal. Demikian halnya jika pemasangan tiang pada kayu bangunan rumah. Usahakan pemasangannya kokoh dan tidak mudah goyang ketika tekanan angin ke arahnya lebih deras/ kencang. 

2.  Merakit dan Memasang Mesh Dish dan Mounting Venus AL 7210
Jika anda bukan seorang instalateur/ tenisi, maka perlu memperhatikan cara yang lebih tepat dalam perakitan dish yang mudah robek dan patah. Lakukan perakitan secara seksama dan pasangkan bautnya seseuai pada tempatnya. Jangan melakukan tekanan pada pada mesh dih untuk menghindari kerusakan atau ketidak simestrisan bentuk mesh dish-nya. Jika terjadi, hal ini akan menjadi kendala besar dalam melacak atau tracking satelit nantinya. Pastikan hasil dari perakitannya, permukaan atas mesh-dish membentuk huruf  'O' yang bulat. Kerapian pekerjaan dibutuhkan dalam penanganan ini. Selain itu, pada mountingnya yang berbentuk lingkaran, silakan susun dengan benar. Anda boleh melihat catatan petunjuk perakitannya yang biasanya terdapat dalam kotak mounting antenna atau kardusnya. Setelah selesai, silakan lakukan langkah selanjutnya.

3. Memasang LNBF C-Band
Untuk pemasangan LNBF C-Band yang akan digunakan, silakan lakukan dengan tepat. Jika LNB yang digunakan adalah 4 unit, maka gunakan bracket yang sesuai. Bentuk LNBF yang 4 unit biasanya berbeda dengan unit yang terpisah/ bebas. Untuk LNBF C-Band parabola venus telah menyedian LNBF 4 yang khusus untuk pelacakan satelit Chinasat 6B, Palapa D, Telkom 4 (satelit merah putih) dan asiasat 3s. Pemasangan LNBF ini sangat mudah pada bracketnya karena sudah dirancang khusus untuk desain yang lebih tepatnya. Namun demikian, pastikan kedalaman LNBFnya di braket berada pada garis ukuran 36/37. Hal ini sangat berpengaruh pada tripod yang akan digunakan sebagai penyangga LNBF-nya di atas parabolanya. Ketidak sesuaian pemasangan akan menyulitkan pelacakan sinyal yang maksimal. Selain itu, silakan memasang tripodnya pada parabola mesh dish venus. Selanjutnya, lakukan langkah berikut.

4. Memasang kabel Coaxial dan Switch DiSEqC 4x1
Mungkin pembaca merasa bingung apa maksudnya Switch DiSEqC 4x1. Penulis akan menjelaskannya, yaitu bahwa DiSEqC tersebut merupakan terminal penghubung fungsi antar LNBF yang akan digunakan pada parabola. Nilai 4x1 berarti switch tersebut memiliki 4 jalur masuk (input) yang biasanya ujung port/terminalnya ditandai dengan lnb1, lnb2, lnb3 dan lnb4. Setiap port memiliki fungsi untuk mengaktifkan LNBF yang dipasangkan ke jalurnya.Sedangkan nilai 1 adalah output atau keluarannya, yaitu jalur kabel menuju ke receiver (Digital Satellite Receiver) yang akan digunakan.
Untuk melakukan pemasangan kabel penghubung atau Jumper antar LNBF melalui port lnb1-4, silakan lakukan seperti pada gambar di bawah ini:

Dengan melihat gambar di atas, tentunya anda mudah mengetahui port mana yang akan anda gunakan untuk fungsi LNBF-nya. Ingat bagaimana cara anda menghubungkan jalurnya ke LNBF dengan fungsi satelit yang berbeda karena penting untuk pengaturan DiSEqC 1.0 di receivernya. Sebagai contoh, jika pada LNB chinasat 6b adalah port 1, maka nantinya di dalam pengaturan DSRnya wajib disesuaikan; begitu juga yang lainnya. Kemudian rapikan serta pasangkan kabel dan pelindung LNBF-nya.

5. Pasangkan Meshdish yang sudah dilengkapi dengan LNBFnya serta kabelnya ke tiang parabolanya
Artinya anda sudah siap melakukan pelacakan siaran terhadap satelit tujuan. Jika sudah sampai pada langkah ini, tindakan yang perlu anda lakukan adalah melakukan pointing dish (pengarahan parabola) ke satelitnya. Arahkan sejajar dengan garis khatulistiwa bumi. Masukkan frekuensi yang tepat sesuai dengan satelit yang dibutuhkan. Perhatikan kekuatan dan kualitas sinyal yang tardapat, jika maksimal, silakan diakhiri pelacakannya. Kemudian, susun siaran yang telah disimpan. Selesai.


Catatan:
untuk memberikan bantuan kepada Anda yang melakukan pelacakan antena parabola dengan jenis tiang fokus tripod, maka silakan lakukan perhitungan tinggi titik fokus yang tepat dengan perhitungan F= DxD /16.c.
Perhitungan ini akan sangat penting untuk antena parabola yang sudah berusia tua; biasanya ujung tripod sebagai fokus akan merendah dalam jangka waktu lama. Hal ini disebabkan karena LNBF yang disanggai oleh tripod di parabola memiliki nilai berat tersendiri yang tentunya ditambah dengan usia tripodnya sendiri. 

F= Fokus
D= Diameter parabola
c= kedalaman dish parabola (depth)

Sekian, semoga bermanfaat bagi pembaca blog Niassat Service. Silakan bagikan ke teman anda jika artikel ini bermanfaat. Salam Tuser Indonesia, Ya'ahowu!

Niassat Service,
Gunungsitoli.

Post a Comment for "CARA MEMASANG PARABOLA MESH DISH VENUS AL 7210 YANG 7 FEET"