Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGATUR PROGRAM DSR GOLDSAT MANCHESTER HD (TUTORIAL LENGKAP)

Digital Satellite Receiver (DSR) Goldsat Manchester adalah salah satu produk yang memiliki keunggulan tersendiri. Jika DSR ini dibeli, maka kelengkapan yang biasanya ada di dalamnya adalah: Remote controller + baterai, kabel HDMI, kabel RCA dan buku Manual (buku panduan penggunaan). Anda dapat membelinya di toko electronics di kota Anda.


Berikut fitur produk DSR Goldsat Manchester:
- Sepenuhnya sesuai dengan standar Penerimaan TV digital DVB-S2
- Mendukung decoding HDTV / SDTV MPEG-2 / MPEG-4/H.264
- Mendukung 480i / 480p / 576i / 576p / 720p / 1080i / 1080p
- Fungsi pencarian otomatis yang nyaman
- Desain antarmuka pengguna grafis yang cerdas
- Kapasitas untuk menyimpan hingga 2000 transponder dan 4000 saluran
- Mendukung sinyal TV digital DVB-S / S2 yang dimodulasi dalam QPSK / 8PSK
- Rentang frekuensi input 950MHz-2150MHz
- Mendukung DISEqc 1.0 / DISEqc 1.2
- Mendukung untuk penerimaan SCPC / MCPC C / Ku-band
- Pemilihan saluran cepat
- Edit Saluran Favorit, kunci orangtua
- Rasio aspek variabel (4: 3, 16: 9) 4: 3 Mode Pan & Scan atau Letter Box
- Mendukung USB 2.0 dan pemutakhiran perangkat lunak melalui OTA
- Mendukung USB 2.0 PVR, MP3, pemutaran foto JPG

Dengan mengenal fitur dari DSR tersebut, banyak hal yang dapat pengguna lakukan sesuai dengan buku manual yang diberikan.

Terutama dalam pengaturan program siaran TV, radio dan USB. Akan tetapi, jika buku panduan Anda hilang, maka silakan baca cara mengatur program DSR Goldsat Manchester yang akan dijelaskan di dalam artikel ini. Untuk melakukan tindakan ini, pastikan remote controller DSR anda masih dalam kondisi bagus. 


INSTALASI

Jika anda ingin melakukan instalasi pada siaran TV/ Radio pada Goldsat Manchester, maka silakan tekan tombol menu di Remote Controller (RC) 1 kali, maka tampilannya seperti pada gambar berikut.


Di dalam menu instalasinya terdapat Daftar satelit, Pengaturan Antena, Pencarian Tunggal, Pencarian beragam, dan Daftar TP.

Oleh karena itu, jika anda ingin melihat daftar satelit yang telah diprogram di dalam DSR-nya, silakan tekan ok di "Daftar Satelit". Di sana, anda dapat mengubah satelitnya, menghapus maupun menambahkan satelit baru.



Untuk mengubah satelitnya, tekan tombol warna merah pada remote controller-nya, untuk menambahkan, tekan warna hijau; sedangkan untuk menghapus salah satu atau beberapa satelit yang tidak anda gunakan, tekan tombol biru di remote cotroller-nya.


Selanjutnya, "Pengaturan antena". Pada "Pengaturan antenna" anda dapat melakukan pengeditan terhadap setiap satelit yang anda pilih. Lihat gambar di bawah.



Melakukan pengeditan dalam bagian ini wajib teliti dan hati-hati. Kesalahan yang anda lakukan akan membuat semua siaran anda tidak tampil.

Pada "pengaturan antena", anda dapat memilih satelitnya terlebih dahulu sebelum melakukan pengeditan; yang dapat diedit di dalam setiap satelit ini adalah Frekuensi LNB-nya (C/KU/S-band).


Namun, di bagian ini anda tidak dapat mengedit transponder dari setiap satelit, tetapi bisa memilih TP mana yang ingin dilihat kualitas sinyalnya.

Selanjutnya, anda dapat mengedit  DiSEqC 1.0 dan 1.1 ( sesuai dengan pengaturan pada LNB yang anda gunakan), Tipe motor (untuk yang tidak menggunakan koneksi posisioner hidrolik/aktuator ke DSR, silakan non-aktifkan), 22k (pilih mati/aktif) Polaritas (auto/V/H).

Untuk melakukan pencarian tunggal, silakan pilih satelitnya kemudian lakukan pengaturan pada sistem pencariannya. Jika memilih FTA Only = ya, maka siaran acak tidak akan dimuat; jika memilih "tdk" maka siaran acak akan ikutserta terinstal di dalam program. 

      
Setelah anda melakukan pencarian baik itu mode pencarian acak maupun otomatis, silakan simpan. Anda bisa menyusunnya sendiri melalui  "ubah siaran".


Selanjutnya adalah DAFTAR TP. Daftar TP ini memiliki peran penting untuk mengedit, menghapus ataupun menambah transponder dari setiap satelit. Selain itu, anda dapat melakukan pencarian untuk salah satu siaran pada TP yang telah dimuat di dalamnya. 


Perlu diperhatikan bahwa untuk memlakukan scanning dengan TP ini, anda wajib melihat kualitas sinyalnya yang memenuhi standard. Jika tidak, maka siarannya tidak akan muncul dalam pencarian yang akan anda lakukan. Pencarian di lokasi ini hanya dilakukan ketika hanya salah satu atau beberapa siaran saja yang ingin dicari.

Jika anda memperhatikan Daftar TP , maka terlihat jelas beberapa transponder siaran yang sudah disimpan sebelumnya. Anda dapat menghapusnya jika transponder tersebut tidak lagi aktif atau sudah di-update dengan yang baru. 


Cara menghapusnya adalah dengan menekan tombol kuning di remote controllernya, sedangkan untuk mengedit atau mengubah adalah tomboh warna merah, demikian juga dengan pencarian transpondernya, maka tombol warna hijau yang digunakan.


PENGATURAN SISTEM

Pengaturan sistem Goldsat Manchester memuat tool untuk edit Bahasa, TV sistem, Pengaturan Tampilan, Pengaturan waktu lokal, Pengaturan waktu, Kunci batasa umur, Pengaturan OSD, Lainnya.

Bahasa: Terdapat beberapa jenis bahasa yang telah diprogram dari pabrikya, seperti bahasa Inggris, bahasa indonesia, bahasa mandarin dan lainnya. Jangan sampai salah memilih bahasa, anda akan kesulitan menggunakan DSR-nya jika anda tidak bisa memahami bahasa yang anda pilih. 

TV sistem:  Terdapat Resolusi video, Aspek dan keluaran digital audio. 

Pengaturan Waktu Lokal: Untuk melakukan pengeditan pada pedoman waktu lokal yang kita gunakan. Bagian ini tidak berpengaruh jika tidak diprogram.

Pengaturan waktu: Berfungsi untuk memberikan batasan waktu nyala DSR atau kapan ingin dipadamkan secara otomatis. 


Kunci Batasan Umur: Berfungsi untuk mengunci navigasi/tool menu DSR serta siaran tertentu yang tidak diizinkan untuk ditonton anak di bawah usia. Untuk mengaktifkannya, silakan tekan "ok" pada kunci batasan umur, kemudian isi sandi 0000 dan masuk ke sistemnya. 

Aktifkan kunci menu dengan untuk mengunci menu dan aktif kunci siaran untuk siaran dengan memasukkan sandi dan konfirmasi sandi, lalu exit. Jangan sampai lupa sandinya, SDR-mu tidak akan bisa diprogram kecuali mendapatkan kode master yang sesuai  untuk menerobos penguncian dan mengembalikan ke sandi awal/default yaitu 0000.

Pengaturan OSD: berfungsi untuk pengaturan tampilan waktu dan transparansi OSD receivernya.


UBAH SIARAN

Untuk mengubah siaran, silakan pilih "ubah siaran". Di dalam ubah siaran, terdapat Daftar Siaran TV, daftar Siaran Radio, Hapus semua dan Favorit.

Daftar siaran TV: Anda dapat menghapus, memindahkan, mengubah, mengunci, atau melabeli siaran favorit.

Daftar siaran Radio: Anda dapat menghapus, memindahkan, mengubah, mengunci, atau melabeli siaran favorit.

Hapus semua: Jika anda menekan "ok" pada hapus semua, maka semua siaran akan hilang.

Favorit: Tempat anda dapat melihat tampilan siaran yang sudah anda lalei sebagai siaran favorit anda sebelumnya (melalui daftar siaran tv/radio di atas).



PERALATAN

Pada bagian peralatan ini, terdapat aplikasi Othello, Sudoku, Upgrade melalui USB, Pengaturan pabrik dan informasi. Pada bagian ini, terdapat dua jenis permainan (games) yaitu Othello dan Sudoku.

Upgrade melalui USB: Hanya digunakan untuk update/upgrade siaran atau progam lainnya. 

Pengaturan Pabrik: berfungsi untuk mengembalikan semua data yang pernah disimpan ke versi default-nya. 

Jika melakukan hal ini tanpa pengetahuan yang tepat, maka semua siaran akan kembali ke pengaturan pabriknya (pengaturan yang sebelumnya diprogram oleh pihak pencipta produk Goldsat Manchester) yang bisa saja programnya tidak sesuai dengan fungsi dan cara pemasangan antena anda di rumah. Hindari mengakses bagian ini.

Informasi: pada informasi ini, akan menampilkan data tentang Goldsat Manchester.




MEDIA PLAYER

Media player ini adalah tambahan fitur untuk dapat memutar video, musik, foto menggunakan flaskdisk melalui port USBnya yang terletak di bagian belakang Digital Satellite Receivernya. 


Jika anda ingin mendengarkan lagu MP3 yang sudah anda siapkan dalam flashdisk, silakan masukkan ke slot/portnya, lalu tekan tombol menu, pilih dan tekan "ok"pada media player ini. 

Dengan demikian, tutorial tentang Goldsat Manchester HD ini dapat memberi jawaban bagi rekan-rekan yang membutuhkan. 

Semoga bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih atas kunjungannya dan silakan bagikan ke rekan yang lain tentang tutorial ini.
Salam dari Nias, Ya'ahowu.

Niassat Service,
Gunungsitoli.

Post a Comment for "CARA MENGATUR PROGRAM DSR GOLDSAT MANCHESTER HD (TUTORIAL LENGKAP)"