Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MERUBAH POLARITAS SIARAN TELEVISI DARI HORIZONTAL KE VERTIKAL ATAU VERTIKAL KE HORIZONTAL


Merubah polaritas siaran tv dapat dilakukan dengan cara memutar LNBF 90 derajat dari posisi standard. [lihat gambar di atas].


Hal ini dilakukan apabila suatu LNBF mengalami kelemahan/ kepincangan kekuatan/intensitas pentransferan sinyal salah satu polaritas siaran TV antara Horizontal dan Vertikal.

Kelemahan/ kepincangan polaritas pada LNBF dapat diketahui apabila melakukan tracking pada suatu satellite dimana status kualitas signal siaran televisi yang berpolaritas Horizontal dapat dilacak dan locked namun untuk bagian Vertikal sama sekali tidak terlacak atau unlocked ataupun sebaliknya. Nah, trik ini dapat anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut, dan yang lebih baiknya trik ini dilakukan untuk satelit yang mono-polaritas seperti satelit Telkom1 dan Vinasat.


Ketika anda melakukan langkah ini, jangan lupa menukar/mengalihkan polaritas siaran pada rx (receiver) anda untuk siaran pada satelit yang dipilih.


Contoh, bila pada posisi standard yang biasa digunakan untuk polaritas Telkom1 adalah Horizontal [H] maka tukar atau alihkan polaritasnya menjadi Vertikal di pemrograman antenna rx anda. Misalkan anda ingin Tracking siaran Telkom 1:


berfrekuensi: 4085, 
berpolaritas: Horizontal
Standard Simbol: 6000, 
Nama program: Trans TV

alihkan, menjadi:
berfrekuensi: 4085, 
berpolaritas: Vertikal
Standard Simbol: 6000, 
Nama program: Trans TV

Trik ini juga dapat digunakan untuk double receiver dan dua televisi bila menggunakan twin LNBF saja, yang bukan khusus untuk double receiver. Hal ini dilakukan untuk meringankan tabrakan antara frekuensi yang berpolaritas Horizontal dan Vertikal. Tetapi bukan untuk mengatasi, hanya meringankan saja.


Bila twin LNBF biasa, digunakan (sebagai) untuk 2r dan 2tv bila tidak melakukan hal di atas, maka tabrakan/ tarik-menarik antar polaritas akan terjadi dengan sangat luar biasa yang akhirnya dapat menimbulkan kerusakan pada LNBF anda sendiri.


Tarik-menarik antar polaritas terjadi disebabkan lemahnya komponen pemisah tegangan yang digunakan setiap polaritas yang tidak sama. Polaritas horizontal menggunakan 18V sedangkan yang Vertikal hanya 13V.

Oleh karena itu, trik untuk mengantisipasinya adalah dengan memutar LNB sejauh 90 derajat.

Sekian.

Semoga membawa manfaat baru bagi rekan semua.

Niassat Service.

Post a Comment for "CARA MERUBAH POLARITAS SIARAN TELEVISI DARI HORIZONTAL KE VERTIKAL ATAU VERTIKAL KE HORIZONTAL"