Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA TRACKING NSS 6 KE ARAH SELATAN ATAU BARAT PAKAI DISH BEKAS VENUS

Parabola/ dish yang terlihat pada gambar di atas adalah dish bekas merek Venus yang sudah tergudangkan oleh pemiliknya..

Langsung saja, Tracking satelit NSS 6 yang dilakukan oleh Niassat membuahi hasil yang tidak sia-sia dengan dish bekas ini. Ekperimen ini dilakukan di Gunungsitoli Pulau Nias-Sumatera Utara, Indonesia. Dengan alat perlengkapan sederhana yang serba dirakit sendiri kecuali dish bekas yang diproduksi oleh Venus.
Tiang fokus yang Niassat gunakan adalah kleman tiang parabola dan alat bracket untuk yang 4 lnb dan receiver MPEG2 (standard, bukan High Definition) dan DVD portable, serta kabel koaksial dan 1 buah LNB Ku-band Offset. 
Panjang 1 lembar dish 90 cm dengan tinggi fokus 50 cm, penempatan fokus LNB dilakukan secara offset dimana hasil penerimaan sinyal terdapat dari keseluruhan bibir dish dan memantulkan ke feedhorn.
Kalau kita di Indonesia dominan mengarahkan dish /parabola ke arah timur atau barat, namun sesungguhnya ke arah selatan atau utara pun bisa tergantung lokasi anda terhadap satelit yang anda lacak.
Hanya saja, lokasi Negara Indonesia ini sangat praktis untuk lintasan satelit karena negara Indonesia merupakan salah satu Negara yang berada di garis Khatulistiwa bumi, makanya kebanyak parabola terarahkan ke timur ataupun ke barat. Beda halnya dengan negara-negara yang ada di belahan biumi selatan atau utara. seperti yang Niassat ketahui mengenai ARAH pointing dish Benua Eropa sana, mereka dominan mengarahkannya ke arah selatan berhubung mereka jauh di utara, jauh dari khatulistiwa (garis lintasan satelit) makanya parabola mereka rata-rata ke arah selatan, dan tidak tertutup kemungkinan mereka juga bisa mengikuti cara pointing ala Indonesia yang serba timur dan barat. Begitu pula halnya dengan kita di Indonesia bahwa tidak tertutup kemungkinan bahkan memang bisa kalau parabola itu gak cuma ke timur atau ke barat, ke selatan atau utara juga bisa, tergantung posisi lokasi Anda dari satelit yang dituju/hendak dilacak.
Silakan cek lokasi anda di www.dishpointer.com semoga bisa mempermudah anda mengenal ke arah mana yang bisa anda arahkan dish anda selain timur dan barat.
Untuk kali ini, kita hanya membahas mengenai pemasangan dan arah LNB Ku-band.
Untuk kami yang berada di daerah Gunungsitoli, Pulau Nias, bila hendak melakukan tracking NSS6, itu bisa ke arah barat ataupun ke arah selatan. Dengan satu hal yang penting anda ketahui dalam pemasangan LNB Ku-bandnya baik yang offset maupun yang prime fokus adalah sebagai berikut:

A. Dish menghadap atau memiliki lintasan Barat dan Timur:
  1. Bila anda memasang LNB KU-BAND dan arah konektornya ke UTARA-SELATAN, maka dish bisa menerima sinyal dari arah TIMUR atau BARAT atau dengan kata lain, dish akan mengarah ke timur-barat dan tidak bisa menerima bila di arahkan langsung ke selatan atau utara kecuali hanya melakukan sedikit rotasi dish ke selatan atau utara. Dan apabila Anda memasang LNB dengan connector ke arah jarum jam pukul 6 ataupu ke arah jarum jam pukul12 dengan posisi dish tetap di BARAT atau TIMUR, maka dengan cara ini, Anda akan menerima sinyal dari suatu frekuensi siaran dimana Polaritas setiap frekuensi harus di balik. Contoh apabila berpolaritas Horizontal, maka diubah menjadi vertikal; dan sebaliknya.
  2. Posisi susunan LNB -Kuband di bracketnya bila lintasannya Timur-Barat adalah tersusun secara VERTIKAL apabila 1 unit dish (offset/prime fokus) memiliki lebih dari satu LNB.
B. Dish menghadap atau memiliki lintasan Selatan dan Utara:
  1. Bila Anda memasang LNB KU-BAND dengan arah konektor menghadap ke tanah (arah jarum jam pukul 6) atau ke langit (arah jarum jam pukul12) maka dish / parabola akan mendapatkan sinyal dari satelit di arah Selatan atau Utara. Dish masih berposisi menghadap utara atau selatan, bila konektornya di putar arah, yaitu ke timur atau barat, maka Polaritas frekuensi siaran akan menjadi terbalik.
  2. Posisi susunan LNB -Kuband di bracketnya bila lintasannya Selatan-Utara adalah tersusun secara Horizontal apabila 1 unit dish (offset/prime fokus) memiliki lebih dari satu LNB.
Berikut gambar hasil Ekperimen Niassat:



Demikianlah ekperimen ini, Niassat ingin berbagi kepada para sahabat yang setia kepada Niassat.
Silakan bergabung dengan blog Niassat ini bila masih belum terdaftar dan bila merasa ingin tahu lebih banyak tentang informasi seputar parabola dan siaran televisi. Niassat siap membantu dan berbagi kepada sahabat  sebisa mungkin..

Niassat Service
Gunungsitoli, Pulau Nias

Post a Comment for "CARA TRACKING NSS 6 KE ARAH SELATAN ATAU BARAT PAKAI DISH BEKAS VENUS "