Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CUACA PANAS DAN HUJAN DAPAT MENGGANGGU KONDISI LNB ATAU FEEDHORN DI DISH PARABOLA


Panasnya suhu udara yang terdapat di daerah tertentu dapat mengganggu dan memperpendek umur ketahanan LNB pada dish parabola anda.

Ciri-ciri bila hal ini terjadi atau mulai terjadi yaitu dengan adanya siaran yang berkualitas maksimum, namun tiba-tiba pada siang hari atau tengah hari, siaran selalu macet.

Hal ini sangat mengganggu kondisi fisik LNB. Begitu juga dengan curah hujan yang begitu lebat, dapat dan sangat berpengaruh terhadap LNB parabola apabila LNB yang terpasang di tiang fokus parabola tidak di tutupi dengan Helm LNBF atau sejenisnya.


Bila LNBF-nya telah ditutup dengan rapat maka perlindungan terhadap LNB lumayan menjaga. Curah hujan yang langsung membasahi fisik LNBF dapat merusak komponen dalam LNB apabila terbuka bebas dan bahkan akibatnya dapat merusak decoder atau receiver yang anda gunakan.

Inilah hal yang sebaiknya perlu diperhatikan oleh user dan bahkan tekhnisi sekalipun di lapangan kerja. Sepele tapi berakibat!

Dengan demikian, bila memasang LNB pada tiang fokus parabola sebaiknya ditutupi dengan topi/helm lnbf untuk menjaga dan melindungi lnbf dari panas dan hujan.

Hal ini sangat penting bagi daerah yang rawan hujan atau musim panas dan terlebih di daerah yang berada di pinggiran laut, karat akan cepat menghampiri ujung konector kabel coax. Makanya siaran anda tidak bisa locked dengan status signal maksimum. Sinyal yang ditransfer oleh lnbf ke receiver tidak bisa melewati karat.



Untuk itu, silakan lakukan perbaikan dengan parabola Anda sekarang sebelum teori Niassat menjadi fakta pada parabola Anda.
Beberapa hal yang dapat mengganggu bahkan merusak LNBF pada parabola:
1. LNBF terbuka bebas di atas tiang fokus.
2. Receiver/decoder untuk LNBF jarang di-nonaktifkan/ di-switched off (cuma dimatikan pake power remote). Di sini arus ke LNB tetap mengalir.
3. Pemasangan penghubung kabel coax (coaxial cable connectors) tidak baik, hingga air dapat menembus kabel dan mengalir ke LNB atau receiver sekalipun. (lnbf dan rx dapat rusak).

Solusi:
1. Tutup lnbf anda dengan baik.
2. Nonaktifkan receiver/decoder anda setelah siap dipakai, tekan panel off atau lebih baiknya cabut cok penghubung ke listrik.
3. Lapis/bungkus bagian luar connector dengan solasi dengan baik.

Bila membawa manfaat, silakan tinggalkan pesan/komentar yang membangun. Terima kasih..!

Niassat Service




Post a Comment for "CUACA PANAS DAN HUJAN DAPAT MENGGANGGU KONDISI LNB ATAU FEEDHORN DI DISH PARABOLA"