Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MEMAHAMI KEGUNAAN PORT ATAU SLOT PADA TV LED DAN DIGITAL SATELLITE RECEIVER

Menggunakan peralatan/perangkat elektronik sama halnya dengan menggunakan perangkat yang bermuatan listrik di mana setiap pengguna biasanya disarankan untuk mempelajari buku petunjuk atau buku pedoman oleh pihak yang memproduksi perangkat atau barang elektronik. Mempelajari buku pedoman adalah tindakan yang paling tepat untuk dilakukan oleh pengguna suatu produk setelah membeli barang-barang elektronik sehingga pengguna dapat terhindar dari segala masalah baik yang berisiko berat maupun ringan. Risiko berat yang penulis maksudkan adalah terjadinya masalah serius (terjadinya kerusakan) terhadap barang eletronik tersebut sehingga tidak dapat digunakan sebagaimana semestinya, sedangkan risiko ringannya adalah tidak berfungsinya barang tersebut sebagaimana mestinya dan bukan karena rusak, tetapi kesalahan dalam pemasangan, pengaturan program dan lainnya. Tentunya, dampak tersebut dapat membuat pemilik atau pengguna barang elektronik tersebut khawatir memikirkan bagaimana menangani kerusakannya. Oleh karena itu, buku panduan yang diberikan oleh pemroduksi barang perlu dipelajari bagaimana sistem penggunaannya. Akan tetapi, tidak semua pengguna barang elektronik seperti Tv, Digital Satellite Receiver (DSR) dan lainnya selalu memperhatikan buku pedoman yang disediakan oleh pemroduksi barang. Bahkan, yang disayangkan adalah jika pemilik barang tidak menyimpan buku panduan setelah membeli barang elektronik untuk keperluan suatu saat jika terjadi kendala atau melakukan perpindahan tempat pada barang elektronik tersebut sehingga mengurangi kesalahan dalam pemasangan kembali seperti pengkabelannya dan sebagainya. 

Dalam sistem barang elektronik, terdapat bagian yang tidak membahayakan meskipun salah pemasangan kabel, tetapi terdapat pula bagian yang sangat membahayakan yang bisa saja dapat merusak barang; lebih celakanya jika pelaku instalasinya terjebak dengan tegangan listrik. Pada umumnya, bagian yang paling berbahaya pada rangkaian televisi dan Digital Satellite Receiver adalah bagian kabel yang menuju ke sumber arus listrik utama. Setiap unit Tv dan DSR yang hanya menggunakan supply baterai untuk menyelakan perangkatnya, maka memiliki muatan listrik bertegangan sangat rendah; namun demikian, yang paling banyak digunakan masyarakat adalah perangkat yang bersumber dari tegangan listrik 220 volt ac. Tegangan ini sangat membahayakan nyawa dalam hitungan detik. Dengan demikian, kewaspadaan dalam memasang kabel TV dianggap penting. Perlu diperhatikan bagian rangkaian power supply-nya karena bagian itu tidak disarankan untuk sembarang diganggu oleh pengguna kecuali pengguna memiliki pengetahuan tentang hal dimaksud.

Selain itu, hal yang lebih sering terjadi adalah tidak mempunya seorang pemilik barang elektronik untuk memasangkan kabel audio atau video ke port (slot) televisi maupun DSR-nya. Pengguna atau pemilik barang tidak memahami bagian-bagian slot yang terdapat di televisi maupun di DSR sehingga akhirnya mereka tidak dapat menggunakan barang tersebut. Tidak masalah bagi mereka yang berlokasi dekat dengan para teknisi setempat di daerahnya, namun jika sebaliknya, maka kesulitan akan dialami oleh pemilik barang elektronik sendiri. 

Memandang hal di atas, penulis ingin mencoba memberikan bantuan untuk memahami kegunaan port atau slot yang terdapat pada televisi dan digital satellite receiver untuk memudahkan para pengguna yang susah mendapatkan jasa teknisi  di daerahnya. Perlu dipahami bahwa penulis hanya menyarankan Anda jika menyatakan diri mampu memahaminya dan sanggup melakukannya dengan hati-hati dan teliti. Jika tidak, silakan panggil teknisi di daerah anda sendiri supaya terhindar dari berbagai risiko.
Penulis akan memuat beberapa contoh dengan tipe dan merek produk elektronik yang mungkin dapat membantu para pembaca blog Niassat Service ini ketika mengalami masalah seperti yang telah diuraikan sebelumnya.
Pada televisi LG dengan tipe sesuai pada gamabr di atas, maka akan memiliki slot di bagian belakang samping seperti pada gambar di bawah ini:
Dengan penjelasan pada gambar, lokasi kabel power supply perlu diperhatikan untuk menghindari kecelakan dalam pemakaian. 
Pada gambar di atas terlihat bagian terminal yang berfungsi sebagai input (jalur masuk) audio-video (suara-gambar) pada televisi LG. 
Pada gambar di atas, terlihat slot USB. Gunakan untuk memasukkan data yang ingin ditampilkan baik video maupun audio yang disimpan ke dalam flashdisk. 
Pada gambar di atas terlihat jalur masuk untuk kabel RCA (biasanya jacknya berwarna kuning, putih, merah) yang berfungsi untuk mengirim data gambar dan suara ke dalam perangkat televisi. Bagian ini yang sangat sering membuat pengguna yang tidak tahu bagaimana cara memasukkan siaran melalui jalur AV. Terkadang kalau memasang berderetan, menggunakan jalur component, maka hasil gambar akan hitam putih. Pedoman pemasangan kabel di atas tentunya sangat membantu pemahaman pembaca yang memiliki barang elektronik sesuai dengan tv barang pada gambar. 

Pada Televisi LED Polytron, dengan tipe seperti pada gambar berikut:

Pada gambar di atas, terlihat penjelasan terminal pada tv Polytron baik yang jalur masuk, maupun keluar. Khusus untuk yang input VGA dan Audio VGA dapat digunakan sebagai jalur hubungan antara PC (komputer) ke TV. Maksudnya, tampilan dari komputer dapat ditayangkan ke dalam televisi di atas, demikian juga dengan audionya yang mono. 

Pada bagian samping terdapat slot USB dengan fungsi sama seperti pada tv LG di atas.

Pada Digital Satellite Receiver, terdapat terminal yang sering digunakan seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Dengan melihat gambar di atas, maka penulis percaya bahwa pembaca sudah memahami fungsi beberapa terminal atau slot pada tv maupun receiver-nya. 
Demikian saja, semoga bermanfaat.

Niassat Service,
Gunungsitoli.

1 comment for "MEMAHAMI KEGUNAAN PORT ATAU SLOT PADA TV LED DAN DIGITAL SATELLITE RECEIVER"

  1. An LED (light-emitting diode) television is actually a kind of LCD (liquid crystal display) television. The difference is that whereas an LCD television uses a fluorescent backlight to create an image, an LED television has a more sophisticated backlight system. ป้ายไฟวิ่ง


    ReplyDelete