Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menentukan Jarak LNB secara Manual tanpa Rumus Teori

Cara menentukan jarak 2 lnb di atas fokus parabola dapat dilakukan dengan cara manual tanpa menggunakan rumusan teori. Silakan perhatikan gambar di bawah:

Pada gambar tersebut, kamu bisa melihat bahwa refleksi sinyal telkom dan Palapa sangat berpengaruh pada pusat fokus LNBF-nya. 

Pemasangan LNB C-band dengan jarak yang kurang tepat, maka dapat menjadikan gangguan locking sinyal satelit. Artinya, ketidak-tepatan mengatur jarak tersebut bisa saja sejumlah sinyal dari dua satelit menjadi buruk.

Ini Penting:

Untuk memulainya, pastikan anda mengetahui frekuensi atau transponder suatu program TV yang memiliki frekuensi sinyal tertinggi untuk memudahkan penguncian.

Contohnya, anda ingin melacak sinyal siaran TVN-1 yang berada di posisi Satelit Palapa D, maka pastikan kualitasnya melebihi 30% jika menggunakan DSR (Digital Satelit Receiver) sekelas MPEG2.  Setelah, terkunci dan dipastikan berkualitas tinggi, silakan periksa sinyal siaran lainnya dalam satelit tersebut.

Setelah satu satelit selesai, kini saatnya melacak yang satunya lagi. Dalam hal ini adalah Telkom.

perlu diketahui bahwa jika jarak LNB-nya tepat, maka ketika LNBF untuk Palapa D menerima sinyal, maka pada posisi bersamaan Telkom juga menerima sinyal dengan maksimal.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa juga terjadi kemungkinan bahwa satelit yang satunya tidak dapat dikunci sama sekali.

Bisa disebabkan dengan kurang tepatnya pengarahan antena ke satelit atau mungkin jarak LNB-nya yang tidak pas.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mencoba mengerakkan antena parabolanya menuju ke arah timur-barat dengan pelan. Jika Telkom Naik pada saat dish antenanya diarahkan lebih ke bagian timur, artinya bahwa jarak LNB-nya berjauhan. 

Silakan memperdekat jaraknya. Sebailik, jika diarahkan sedikit ke arah barat dan sinyal Telkom meningkat, artinya jarak LNB sangat dekat dan perlu direnggangkan.


Trik ini adalah yang sangat praktis digunakan di lapangan.
Langkah2nya:
1. Pastikan sinyal Palapa D sudah maksimal dan hasinya baik.
2. lakukan pergerakaan elevasi (timur-barat) pada dish antenna untuk mencari tempat locknya telkom1.

Apabila telkom1 lock di arah barat, silakan renggangkan jarak lnb-nya, dan apabila lock di bagian timur maka silakan rapatkan jarak lnb-nya. ini sangat penting untuk penyetelan dish parabola.

Post a Comment for "Menentukan Jarak LNB secara Manual tanpa Rumus Teori"