Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERBEDAAN SCALAR RING DENGAN CONICAL SCALAR RING DARI FUNGSI DAN BENTUKNYA

Perbedaan Scalar ring dan Conical Scalar Ring dari segi bentuk dan fungsi:



Umumnya, scalar ring dan conical scalar ring nyaris sama tapi dilihat dari segi bentuknya sedikit terdapat perbedaan, dimana Conical Scalar Ring lebih kerucut dari pada Scalar ring biasa yang datar.

Perancangan Scalar ring dengan kedua ini, memiliki fungsi tersendiri dan sangat penting dalam peradiasian sinyal ataupun penerimaan sinyal dari satelit tertentu.

Low Noise Block Feedhhorn C-Band dapat menggunakan kedua jenis/ bentuk scalar ring ini dimana yang penggunaannya terdapat pada jenis reflektor yang digunakan untuk menerima pantulan sinyal satelit yaitu, Apabila reflektor yang digunakan oleh Feedhorn C-Band untuk menerima pantulan sinyal dari satelit adalah jenis Prime Focus, maka Scalar ring yang digunakan adalah jenis DATAR. Sedangkan apabila Feedhorn di letakkan di atas fokus reflektor offset, maka feedhorn akan menggunakan Scalar ring jenis KERUCUT.

Perbedaan penggunaan ini terletak pada fungsi penerimaan sinyal yang berbeda pula dimana scalar ring yang datar menerima sinyal yang datang dan merefleksi di atas reflektor yang perbandingan focal point-nya pada jenis prime focus lebih dekat dari reflektor offset (focal point lebih jauh) bila menggunakan refektor berdiameter sama.

Scalar ring mendatar yang digunakan untuk Feedhorn C-band di prime focus reflector, maka feedhorn akan  mendeteksi sinyal yang diinginkan/diharapkan dari sekeliling bidang reflektor secara meluas. Atau dengan kata lain, feedhorn akan meradiasikan sinyalnya secara melebar/luas di sekitar permukaan reflektor (dish).

Dan ini sangat cocok digunakan untuk reflektor jenis Prime focus.


Untuk memperdekat pemahamannya, saya menggunakan cahaya lampu dengan scalar ring mendatar, dan hasilnya, cahaya memancar secara luas dan jarak jangkauan cahaya tidak lebih jauh dari pada Conical scalar ring.

Anggap cahaya adalah hasil titik pusat sinyal satelit di suatu titik fokus di atas reflektor jenis Prime Fokus. Berikut ilustrasinya:




Kalau Conical scalar ring digunakan untuk reflektor yang prime fokus, sebenarnya bisa (bukan tidak bisa) tetapi yang menjadi masalahnya adalah bentuk kerucut scalar ringnya yang akan mengganggu pantulan sinyal yang mengumpul di satu titik fokus, dimana yang hanya bisa diambil tidak sesuai dengan yang diperoleh dengan penggunaan scalar ring yang datar/flat dikarenakan bibir conical scalar ring yang kerucut yang dapat membuang sejumlah sinyal yang seharusnya dapat diterima/diharapkan dari suatu satelit bila diletakkan di reflektor prime fokus.


Sekarang bagaimana halnya dengan LNBF C-band yang digunakan di reflektor offset dimana penggunaan scalar ringnya adalah jenis yang agak kerucut atau dikenal dengan conical scalar ring.
Sebelum masuk ke intinya, misalkan kita menggunakan 2 unit reflektor dengan diameter yang sama namun jenis reflektor berbeda yaitu Prime Focus dan Offset serta penggunaan Scalar ring yang berbeda. Tentunya di reflektor yang offset, titik fokus/focal pointnya akan lebih jauh daripada yang di prime fokus.


Nah, itu adalah gambaran utama yang perlu dikenal.
Saya akan menggunakan sebuah senter dimana rumah lampunya menyerupai conical scalar ring.
Anggap lampu senter adalah feedhorn. ketika senter dinyalakan, lalu arahkan ke tempat yang agak jauh, tentunya sinar yang dipantulkan oleh dinding/rumah lampu senter akan lebih jauh meski bentuknya lumayan kecil. Artinya, berhubung karena titik fokus atau fokal point pada reflektor jenis offset agak lebih jauh dari permukaan reflektor, maka conical scalaar ring sangat sesuai untuk digunakan.




Bila lampu senter yang digunakan adalah sinyal dari satelit / radiasi dari feedhorn, maka akan berjarak lebih jauh dipancarkan atau dapat ditemukan oleh feedhorn dari titik fokus yang agak jauh dengan menggunakan conical scalar ring.

Pandangan feedhorn di dalam conical scalar ring tidak bisa melihat pancaran sinyal secara lebih luas, tetapi kelebihannya yaitu meski berada di posisi yang lebih jauh, feedhorn dapat meradiasikan sinyalnya ke suatu arah dengan bantuan sebuah reflektor. Atau dengan kata lain, dapat menerima pantulan sinyal ke atas permukaan reflektor (dish) dengan titik fokus sinyal yang agak jauh (bila dibandingan dengan 'reflektor berdiameter sama' tetapi jenis prime focus). 

Itu tentang C-band Scalar rings. Bagaimana dengan Scalar ring Ku-band?
Lnbf Ku-Band yang prime fokus akan memiliki Scalar ring yang datar/flat dengan fungsi yang sama dengan C-band di atas. Kalau LNBF Ku-Band jenis offset, maka akan memiliki scalar ring yang kerucut (conical scalar ring), untuk LNBF Ku-Band dapat dilihat dengan membuka tutup buttom LNBFnya, atau terlihat seperti gambar berikut. Dan fungsi conical scalar ring di LNBF Ku-band ini akan sama fungsinya dengan conical scalar ring yang digunakan oleh LNBF C-Band di atas, dan bentuknya menyerupai dinding lampu senter.




Dari bentuk Scalar ring yang terdapat di LNBF Ku-Band offset dan prime fokus adalah salah satu jenis utama yang paling membedakan fungsi LNBF Ku-band offset dan prime fokus dengan fungsi yang berbeda.

Persamaan dari fungsi scalar ring datar atau kerucut adalah untuk mengumpulkan sinyal yang tidak terfokus dan diarahkan kembali (difokuskan) ke LNB dan scalar ring ini memperkuat sinyal untuk diterima oleh Low Noise Block Downcoverter/ Feedhorn.

Jikalau LNBF Ku-Band prime fokus digunakan di reflektor offset, sebaiknya ditambahkan conical scalar ring pada LNBF Ku-band prime fokus untuk dapat memaksimalkan fungsi penerimaan sinyal oleh LNBF.

Niassat Service.




Post a Comment for "PERBEDAAN SCALAR RING DENGAN CONICAL SCALAR RING DARI FUNGSI DAN BENTUKNYA"