Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SALAH PENCET TOMBOL REMOTE CONTROLLER TV MENYEBABKAN SINYAL HILANG


Menggunakan remote controller televisi adalah hal yang sangat mudah dilakukan oleh pengguna televisi dan barang elektronik lainnya.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa dengan sering menggunakan remote controller TV, terkadang tampilan TV menjadi mengejutkan jika seandainya tampilannya menjadi "Tidak Ada Sinyal" atau dengan memberi perintah di layar televisi untuk mengecek sambungan kabel.


Bagi sebagian pengguna, hal ini membuat keasyikan menjadi kekesalan bahkan khawatir dengan keadaan demikian. Jika Anda pernah salah tekan pada remote tv  dan tampilannya seperti berikut:

Layar TV putih dengan bintik-bintik hitam di dalamnya yang disertai bunyi.

Layar gelap dengan tampilan 'Tidak ada sinyal'. Jika ini terjadi pada kesalahan pencet tombol remote tv, dipastikan kesalahan pada program inputnya. Selain itu, layar tv juga dapat menampilkan perintah seperti dimuat pada gambar berikut:



Tampilan setiap produk televisi dapat berbeda-beda, tetapi setidaknya gambar-gambar di atas dapat memberikan contoh dekat untuk Anda. Anda tentunya tidak mengharapkan kejadian di atas terjadi dengan keadaan demikian, apalagi jika anda bukan seorang teknisi atau juga tidak pernah mengalami hal yang sama sehingga tidak dapat menyelesaikan maslah pada tv tersebut.

Semua hal ini tidak berpengaruh pada keadaan parabola maupun receivernya, tetapi pada sistem televisinya sendiri. Pertanyaan yang terlintas di pikiran anda tentunya adalah bagaimana mengatasi masalah di atas? Saya bukan teknisi.

Baiklah, dengan demikian, Niassat Service akan memberikan pengarahan terhadap masalah tv yang anda temui sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir, semuanya akan kembali normal asalkan mengikuti petunjuk berikut.

Pertama-tama gunakan remote controller Televisinya dan silakan temukan tombol Input atau Source atau kadang dicetak dengan AV atau TV/AV.

Jika di remote tv anda tidak memuat label tombol di atas, terkadang label tombol untuk input tv dibuat dengan "tanda panah ke kanan yang dilingkari". Silakan tekan tombol tersebut satu kali. Maka, tampilan perintah dari tv akan terlihat seperti berikut.

Setelah tv menampilkan perintah seperti pada gambar di atas, silakan pilih salah satu dari fitur Input yang disediakan oleh program tv-nya. Coba ke HDMI 1, HDMI 2, HDMI 3 atau AV. Salah satu di antara fitur tersebut akan menampilkan gambar sesuai dengan pemasangan kabel dari receiver ke TV-nya.

Anda juga boleh melihat langsung pemasang kabel RCA atau HDMI di samping atau bagian belakang TV-nya. di atas atau di bawah slot-nya akan ada tulisan Inputnya. Sesuaikan input tersebut dengan kondisi pemasangan hubungan Receiver Anda ke TV.


Hal ini 100% dapat berhasil dilakukan oleh siapapun. Perhatian: Jika anda memegang badan atau cashing TV, sebaiknya cabut hubungan kabel powernya yang menuju ke listrik PLN untuk menghindari kefatalan akibat ketidak-pahaman.


Jangan menyentuh cover atau box tv dengan tangan basah, kotor dan lainnya. Kerusakan dapat timbul pada televisi ketika dikenai air. Untuk TV Jenis LED maupun LCD yang flat, hindari penekanan pada layar-nya karena dapat menyebabkan kerusakan pada pixels layar tv-nya.

Niassat Service tidak bertanggung jawab atas kelalaian dan kesalahan tindakan anda. Oleh karena itu, hati-hati. Keselamatan kerja adalah prioritas bagi para teknisi khususnya dan para pengguna barang elektronik pada umumnya.


Setelah melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar, maka hasilnya akan kembali normal.


Jika tips ini dapat membuat anda berhasil, silakan tinggalkan komentar di kolom di bawah ini atau langganan artikel melalui email dengan Niassat Service. Gabunglah menjadi sahabat baru kami. Terima kasih. Ya'ahowu!

Niassat Service,
Gunungsitoli


Post a Comment for "SALAH PENCET TOMBOL REMOTE CONTROLLER TV MENYEBABKAN SINYAL HILANG"