Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TRACKING SIARAN THAICOM 5 DAN NSS 6 KU-BAND PAKAI DISH EX-ASTRO

Satellite Thaicom 5 dan NSS 6 merupakan satellites yang memiliki cakupan beam yang sangat besar di Indonesia dan khususnya untuk daerah Pulau Nias, Sumatera Utara. Dish ex-Astro seperti terlihat pada gambar di atas merupakan dish OFFSET yang mana juga LNB KU-BAND yang cocok untuk dipakai adalah lnb offset ataupun lnb prime fokus ( scalar ring dimodif).


Dish ex-Astro merupakan dish yang berukuran kecil, namun demikian masih cocok untuk mengelock sinyal beberapa satelit yang melintas di langit Indonesia, sepertihalnya  Thaicom 5 dan NSS6 ini. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa jenis dish offset tidak cocok untuk tracking satelit yang beamnya agak jauh atau sangat jauh dari lokasi pelacakan/ tracking.


LNBF-KU BAND yang Niassat Gunakan untuk melacak Satelit Thaicom5 dan NSS 6 adalah LNB offset HUMAX untuk Thaicom 5 dan HANSEN untuk NSS 6. Keduanya dapat mencapai kualitas signal yang maksimal.

Untuk memasangkan LNBF-KU BAND OFFSET ini di bracketnya, untuk Tracking NSS 6 Niassat menghadapkan ujung connector LNBF-KU Hansen ke Arah Tanah atau menunjuk jarum jam, pukul 6.


Untuk memasangkan LNBF-KU BAND OFFSET ini di bracketnya, untuk Tracking Thaicom 5 Niassat menghadapkan ujung connector LNBF-KU Humax ke Arah Utara.


 Untuk kedua satelit yang dilacak, sesungguhnya dapat dipasangkan LNB-KU di bracketnya dengan arah connector kabel koaksialnya yang sama, baik untuk tracking NSS6 dan Thaicom 5 dimaksud. Berhubung karena NSS 6 arah connectornya ke arah tanah, maka NSS 6 akan mendapatkan sinyal dari arah selatan dan utara.

Untuk Pulau Nias, NSS6 dengan Arah connector ke tanah, maka dish mendapatkan sinyal dari arah Selatan, bukan dari utara. Sedangkan untuk Thaicom 5 dengan ujung connector kabel coax ke arah utara, maka dish akan menerima pantulan sinyal dari arah Timur atau Barat.

Untuk daerah Pulau Nias, Thaicom 5 dengan arah connector di Utara, maka dish akan menerima pantulan sinyal dari arah Barat, bukan dari Timur.




Untuk setingan program/ pengaturan pemakaian FREKUENSI LNB Ku- ini dan itu di receiver adalah sebagai berikut:

 1. Apabila kabel dari LNB Ku-band melewati DiSeqC Switch, maka gunakan LNB FREK. yang  UNIVERSAL (9750-10600).

2. Apabila kabel dari LNB Ku-band melewati 22K-Switch dengan POSISI 'ON', maka gunakan LNB FREK. yang  10600.

3. Apabila kabel dari LNB Ku-band melewati 22K-Switch dengan POSISI 'OFF', maka gunakan LNB FREK. yang  9750.


 4. Apabila tidak melewati 22k atau diSeqC Switch, maka gunakan saja 9750-10600 atau 9750.

Sekian.


 








Akhirnya bekerja untuk Thaicom 5 dan NSS6

Salam kompak....



Niassat Service
Gunungsitoli, Pulau Nias

Post a Comment for "TRACKING SIARAN THAICOM 5 DAN NSS 6 KU-BAND PAKAI DISH EX-ASTRO"